Cari Blog Ini

Rabu, 20 Oktober 2010

BYE- BYE PLUTO


Sidang umum himpunan astronomi internasional (International Union /IAU) ke 26 di Praha Republik Ceko, yang berakhir 25 Agustus 2006, menghasilkan keputusan bersejarah dalam dunia astronomi dengan mengeluarkan Pluto dari daftar planet-planet di tata surya kita. Mulai sekarang, anggota tata surya terdiri atas delapan planet, yakni Merkuris, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus.
Keputusan mengeluarkan Pluto yang sudah menjdi keluarga Planet tata  surya selama 76 tahun merupakan konsekuensi dtetapkannya definisi baru tentang planet. Resolusi 5A sidang umum IAU ke 26 berisi definisi baru itu. Dalam resolusinya tersebut dinyatakan sebuah benda langit bisa disebut planet apabila memenuhi 3 syarat, yakni mengorbit matahari, berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat dan memiliki jalur orbit yang jelas dan “bersih” (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut).
Dengan definisi baru tersebut, pluto tidak berhak menyandang nama planet karena mempengaruhi syarat yang ketiga. Orbit Pluto memotong orbit planet Neptunus sehingga dalam perjalanannya mengelilingi matahari, Pluto kadang berada lebih dekat dengan matahari dibandingkan Neptunus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar