Cari Blog Ini

Jumat, 15 Oktober 2010

PVMBG Awasi Secara Intensif 20 Gunung Berapi di Indonesia

Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vukanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendrasto menjelaskan bahwa saat ini ada 3 gunung berapi yang berstatus 'siaga' (level III) dan 17 gunung lainnya berstatus 'waspada' (level II).
     Tiga gunung api yang bersifat 'siaga' tersebut adalah Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Karangetang di Sulawesi dan Gunung Ibu di Halmahera. Sementara itu untuk status gunung Sinabung turun dari status 'awas' (level IV) menjadi 'siaga' sejak 23 September 2010.
     17 gunung api lainnya berstatus waspasa (level II) yakni Gunung Merapi (gunung ini naik status dari aktif normal menjadi 'waspada' mulai tanggal 20 September 2010 yang lalu), Egon, Talang, Batur, Kaba, Anak Krakatau, Semeru, Slamet, Sangeang Api, Rinjani, Rokatenda, Soputan, Dukono, Gamalama, Papandayan, Lokon, Kerinci dan Gunung Bromo.
     Mengenai pelaporan aktivitas gunung api tersebut adalah secara real time on line, jelas Hendrasto saat ditanya mengenai bagaimana cara pelaporan aktivitas gunung api tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar